bignoworry@gmail.com

0812-8827-8022 / 0812-8431-6476

Lakukan Kardio Tapi Tetap Gemuk? Bisa Jadi Ada Kesalahan yang Kamu Buat

Lakukan Kardio Tapi Tetap Gemuk? Bisa Jadi Ada Kesalahan yang Kamu Buat

_ 30

Maret 2017

Lakukan Kardio Tapi Tetap Gemuk? Bisa Jadi Ada Kesalahan yang Kamu Buat

Beberapa aktivitas kardio seperti joging, jalan, lari, renang, treadmil atau juga bersepeda memang bisa kamu lakukan untuk menurunkan badan. Dengan semakin populernya beberapa aktivitas kardio tersebut membuat banyak orang yang dari hari ke hari menggemarinya. Sayangnya tidak semua orang kemudian mendapatkan apa yang diharapkan dari aktivitas kardio ini yakni penurunan berat badan. Bahkan beberapa orang malah mendapati tubuhnya yang terus naik. Tentu hal ini sangat mengecewakan, sebab aktivitas kardio yang dilakukan jadi sia-sia. Faktanya, aktivitas kardio yang tak menghasilkan apa-apa termasuk penurunan berat badan bisa jadi terjadi karena ada kesalahan dalam menjalalankan aktivitas kardio. Berikut ini beberapa bentuk kesalahan aktivitas kardio yang tak bisa membuat berat badanmu turun.

Tidak fokus pada latihan kekuatan

Salah satu penyebab kegagalan aktivitas kardio adalah tidak fokus pada latihan kekuatan. Dengan hanya fokus pada aktivitas atau latihan akan membuat sedikit kalori yang terbakar. Selain itu kardio yang hanya dilakukan dengan biasa-biasa ini akan terasa membosankan. Maka dari itu agar bisa membakar kalori lebih banyak, kamu perlu melakukan kardio ini dengan juga berfokus pada latihan kekuatan. Bila kamu melakukan latihan kekuatan bukan hanya kalori yang banyak terbakar tapi kamu juga bisa mendapatkan massa otot dan meningkatkan metabolisme.

Melakukan kardio dan angkat beban dihari yang sama

Kesalahan kedua dari aktivitas kardio yang sia-sia adalah kamu melakukan dua aktivitas seperti treadmill dan angkat beban dihari yang sama. Menurut beberapa ahli ini adalah sebuah kesalahan, sebab hal ini dianggap tidak menghasilkan sesuatu yang maksimal, dikarenakan tenaga atau energi kamu akan habis sesudah melakukannya. Solusinya, akan lebih baik dua kegiatan tersebut dilakukan dihari yang berbeda.

Tidak konsisten

Selama apapun kamu melakukan aktivitas kardio ini disuatu waktu akan berujung sia-sia bila kamu tidak melakukannya dengan rutin atau konsisten. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yakni turunnya berat badan kamu memang wajib melakukan aktivitas kardio ini secara kontinyu (terus-menerus). Jadi ingat kembali sebuah pepatah rajin pangkal sukses.

Tidak peduli intensitas

Untuk dapat menurunkan berat badan tentu saja diperlukan pembakaran lemak yang besar. Maka dari itu kamu mau tak mau juga harus melakukan aktivitas kardio dengan intensitas yang cukup. Intensitas yang cukup ini maksudnya adalah melakukan dengan aktivitas dan waktu yang cukup, tidak kurang dan juga tidak lebih. Sebab, berlebihan melakukan aktivitas kardio ternyata juga tidak baik. Ini karena tubuh akan sulit pulih dan rentan cidera.

Kardio dengan perut kosong

Berikutnya, kesalahan yang sering dilakukan yang menghasilkan kegagalan aktivitas kardio adalah melakukannya dengan keadaan perut kosong. Saat ini memang banyak anggapan bahwa melakukan kardio dengan perut kosong bisa membuat pembakaran lemak berlangsung lebih maksimal. Pendapat ini tentu saja sesuatu yang salah kaprah. Sebab melakukan kardio dengan perut kosong bisa akan membuat tubuhmu akan mengambil karbo dan lemak di dalam aliran darah dan otot bukannya pada lemak atau sel-sel lemak yang seharusnya. Bahkan menurut beberapa ahli risiko lebih berbahaya dari melakukan kardio dengan keadaan perut kosong yaitu munculkan peningkatan tingkat hidrasi yang rendah dan juga risiko hiperglikemi. Dengan munculkan dua risiko tersebut akan membuat intensitas latihan bisa berkurang dan terhenti.

Hanya melakukan kardio tanpa latihan kekuatan atau beban

Terakhir, kesalahan melakukan kardio yang berujung kesia-siaan adalah hanya melakukan kardio tanpa diselingi latihan kekuatan atau beban. Untuk memperoleh hasil maksimal penurunan berat badan, kamu memang tidak bisa mengandalkan aktivitas kardio saja. Tapi disela-sela aktivitas tersebut kamu juga harus melakukan latihan kekuatan atau beban untuk menguatkan otot. Dari sini muncul hasil yang tidak hanya berupa penurunan berat badan tapi juga tubuh yang makin kencang.

Inilah beberapa kesalahan yang terjadi ketika kamu melakukan aktivitas kardio hingga membuat berat badanmu tidak turun atau malah naik. Jadi setelah kamu mengetahui beberapa kesalahan ini, kamu harus bisa mengindari dan tidak lagi melakukannya agar aktivitas kardio yang kamu lakukan bisa membuat hasil turunnya berat badan dan tubuh yang semakin kencang.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Nama Lengkap*


Email*


Kode Verifikasi*

Komentar Anda

Testimonial

Facebook

Twitter